-->
Modalku FAQ

FAQ Peminjam

 

APLIKASI

PELUNASAN

PINJAMAN

  • Informasi atau dokumen apa sajakah yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman?

    Dokumen utama yang dibutuhkan adalah:
    1. Catatan rekening bank 6 bulan terakhir
    2. Laporan keuangan – Laporan keuangan 2 tahun terahir yang telah diaudit (jika memungkinkan) dan 1 tahun terakhir yang dibuat oleh manajemen (dapat dibuktikan keabsahannya)
    3. Identitas dan dokumen pribadi penjamin
    4. Kartu nama penjamin

  • Biaya apa saja yang dikenakan?

    Kami tidak memungut biaya apapun kecuali saat Anda menerima angsuran pinjaman yang Anda danai sebagai bukti keyakinan kami akan produk kami dan bahwa kami disini bersama Anda. Biaya ini sebesar 3% * (tenor/12 bulan) dari angsuran Anda, apabila tenor <= 12 bulan dan 3% dari angsuran apabila tenor > 12 bulan. Biaya tersebut akan kami gunakan untuk pengelolaan efisiensi dan keamanan sistem, sehingga sistem Modalku dapat aman dari cyber attack dan pengawasan pengembalian pinjaman dapat kami lakukan secara ketat.

  • Bagaimanakah perhitungan pelunasan hutang?

    Pelunasan hutang dihitung berdasarkan jumlah pinjaman, tenor, dan tingkat suku bunga. Pelunasan dilakukan per bulan.

    Perhitungan pelunasan per bulan akan dihitung dengan cara berikut:
    Cicilan per bulan = (total pinjaman + bunga atas total pinjaman)/ tenor 

    Sebagai contoh, jika Anda meminjam Rp 50 juta dengan bunga pinjaman 15% p.a. dan tenor 24 bulan, maka cicilan per bulan yang harus anda bayarkan adalah Rp 2.395.834.

  • Bisakah kita membayar cicilan sebelum tanggal pembayaran yang ditentukan?

    Bisa. Namun pembayaran harus dilakukan dengan jumlah cicilan penuh per bulan.

  • Untuk pelayanan pasca persetujuan pinjaman, bagaimana cara peminjam menghubungi Modalku?

    Peminjam dapat menghubungi kami melalui 2 cara, yaitu dengan mengirimkan email ke layanan@modalku.co.id atau hubungi kami melalui Live Chat di modalku.co.id. Live Chat kami aktif selama pukul 9.00-17.00 WIB.

FAQ Pemberi Pinjaman

 

UMUM

  • Apa kegiatan usaha Modalku?

    Kami adalah platform online untuk pinjam meminjam langsung, bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pinjaman dari para pemberi pinjaman akan diberikan kepada suatu UKM, dimana UKM akan memberikan imbalan berupa return yang menarik kepada gabungan pemberi pinjaman tersebut.

    Konsep bisnis ini adalah konsep yang menarik dan terbukti menjadi alternatif dengan return yang menarik. Alternatif investasi dengan bentuk ini dapat dijadikan sumber pendapatan pasif. Di Amerika Serikat, Eropa, dan Cina, konsep peer-to-peer lending telah teruji kesuksesannya.

  • Bagaimana Modalku menilai kelayakan kredit UKM?

    Pengajuan pinjaman dievaluasi dan disetujui berdasarkan kriteria dan pengujian yang ketat. Kami menggabungkan metode evaluasi yang digunakan institusi keuangan konvensional dengan metode inovatif yang digunakan di lembaga keuangan lainnya. Kami mengevaluasi hard data dan soft data yang diberikan calon peminjam dan melakukan validasi atas data tersebut melalui pihak ketiga dan cek lapangan. Semua proses penilaian akan dituangkan kedalam Modalku Scoring Grade, yang merupakan kerangka penilaian atas UKM dan kapasitas sang pemilik, serta keinginan untuk melakukan pengembalian pinjaman. Dalam menentukan Modalku Scoring Grade, kami mempertimbangkan faktor eror dalam analisis sensitivitas dan menjamin semua pinjaman menggunakan Penjamin Pribadi, untuk menambah keamanan dalam produk pinjaman kami.

APLIKASI

  • Bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi pemberi pinjaman?

    Proses pendaftaran dimulai dengan membuat akun baru Modalku. Caranya sangat mudah: klik "Daftar Sekarang" kemudian isilah semua data yang diminta lalu klik "Daftar". Selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut:

    1. Cek e-mail Anda dan klik pada link verifikasi yang kami kirimkan
    2. Isilah Formulir Registrasi Perjanjian Berlangganan, Anda akan diminta untuk memberikan data bank serta scan KTP Anda.
    3. Akun pemberi pinjaman Anda langsung aktif! Namun untuk melakukan aktivitas pendanaan, mohon lakukan deposit minimal Rp 10 juta (deposit Anda akan dikonfirmasi dalam 3-5 jam kerja)

  • Apakah saya bisa mendaftar sebagai pemberi pinjaman dan peminjam, atau sebagai mitra, secara bersamaan?

    Anda hanya dapat mengaktifkan satu akun, pendanaan atau pinjaman, dalam satu waktu. Jika Anda menginginkan kedua jenis akun tersebut aktif di waktu yang bersamaan, Anda dapat mengajukan permohonan kepada Modalku dengan mengirimkan email ke layanan@modalku.co.id

  • Bagaimana agar saya mendapat bantuan untuk proses pendaftaran?

    Jika Anda menemui kesulitan, silahkan kirim email ke layanan@modalku.co.id, atau hubungi kami melalui LiveChat. Jam operasional kami adalah 9.00 – 17.00 WIB, di setiap hari kerja.

  • Apa saja syarat untuk menjadi pemberi pinjaman?

    Anda harus berusia minimal 18 tahun. Warga Negara Indonesia dan asing diperbolehkan untuk menjadi pemberi pinjaman, terlepas dari lokasi tempat tinggal Anda. Untuk mendukung pencegahan money laundering yang dilakukan oleh pemerintah, Anda diharuskan untuk memberikan data KTP / Passport.

  • Biaya apa saja yang dikenakan?

    Selama pendaftaran, kami tidak mengenakan biaya apapun. Biaya sebesar 3% hanya akan dikenakan setiap Anda menerima repayment atas pendanaan yang Anda lakukan. Biaya tersebut akan kami gunakan untuk pengelolaan efisiensi dan keamanan sistem, sehingga sistem Modalku dapat aman dari cyber attack dan pengawasan pengembalian pinjaman dapat kami lakukan secara ketat.

PENDANAAN

  • Bagaimana cara saya memulai pendanaan UKM?

    Setelah Anda melakukan deposit minimal Rp 10 juta, Anda dapat memulai aktivitas pendanaan UKM. Untuk melihat pilihan UKM yang sedang aktif dalam proses pengumpulan dana, silahkan login ke akun Modalku Anda dan klik menu "Cari Pinjaman"

  • Kemanakah pendanaan saya disalurkan?

    Anda akan mendanai UKM potensial yang berkembang di Indonesia. Pinjaman yang diberikan akan digunakan untuk kegiatan ekspansi bisnis, seperti pembelian aset, talangan modal usaha, dan uang muka untuk proyek baru. Detail peminjaman dapat dilihat pada halaman “Cari Pinjaman”

  • Apakah saya dapat mengetahui nama UKM yang saya pinjamkan?

    Mengacu pada aturan POJK, kami tidak dapat memberikan identitas UKM peminjam. Namun, kami dapat memberikan informasi profil jenis usaha dan performanya.

  • Berapa nominal pendanaan per pinjaman?

    Untuk mulai pendanaan, Anda harus meletakkan dana deposit sekurang-kurangnya Rp10 juta dalam akun Anda. Setelah melakukan deposit, Anda dapat melakukan pendanaan mulai dari Rp1 juta. Tidak ada batas maksimal pendanaan. Namun, kami sangat menganjurkan Anda untuk melakukan diversifikasi pendanaan ke sebanyak mungkin pinjaman. Anda dapat mulai melakukan pendanaan sebesar Rp5 juta, dengan membagi rata Rp5 juta untuk 5 pinjaman. Pemberi pinjaman pada umumnya memulai pendanaan di nominal Rp10 juta dan secara perlahan meningkatkan jumlah pendanaan yang ditanamkan.

  • Berapa deposit minimum yang harus diberikan?

    Deposit minimal adalah Rp 10 juta namun Anda dapat memulai pendanaan dengan saldo minimum sebesar Rp 1 juta.

  • Bagaimana penghitungan bunganya? Apa perbedaan cara penghitungan bunga Metode Biasa dengan Metode Saldo Berkurang?

    Kami menggunakan pendekatan risiko dalam Scoring Grade, untuk menentukan  suku bunga pinjaman yang dikenakan pada tiap peminjam. Kami menawarkan pinjaman hanya jika kami yakin peminjam memiliki kapasitas dan keinginan untuk membayar. Diantara semua peminjam yang layak diberikan pinjaman, sebagian mampu melakukan pengembalian terlepas dari kondisi pasar, dan sebagian lainnya terpengaruh oleh kondisi pasar. 
    Kami memberikan suku bunga yang lebih tinggi untuk peminjam yang lebih rentan, dalam rangka mengkompensasi risiko yang lebih tinggi.

    Dengan Modalku, return untuk pemberi pinjaman dihitung menggunakan penghitungan biasa, yang lebih transparan, mudah untuk dipahami dan dihitung. 

    Contoh: untuk pendanaan Rp10juta untuk 12 bulan dengan bunga 12%, maka jumlah pengembalian pokok dan bunga yang akan diterima oleh pemberi pinjaman adalah Rp. 11,2 juta untuk 12 bulan atau Rp. 933,333 per bulannya . (catatan: penghitungan tidak memperhitungkan faktor gagal bayar dan belom termasuk service fee)

    Metode saldo berkurang dilakukan dengan menghitung pembayaran bunga per bulan, dengan basis total saldo yang masih belum dibayarkan oleh peminjam. Secara garis besar, suku bunga metode biasa sebesar 12% ekuivalen dengan suku bunga metode saldo berkurang sebesar 21.5%.

  • Berapa perkiraan suku bunga dari pendanaan yang saya lakukan?

    Suku bunga untuk tiap pemberi pinjaman berbeda satu dengan yang lainnya, bergantung kepada berbagai faktor seperti kondisi pasar, pilihan pinjaman yang didanai, nominal investasi, tingkat diversifikasi, dll. Nilai suku bunga dapat dihitung menggunakan rumus berikut:


    Suku bunga = nilai nominal bunga pinjaman – 3% biaya administrasi 


    Rumus diatas tidak memperhitungkan gagal bayar.


    Pinjaman yang kami tampilkan memiliki tingkat suku bunga sekitar 12-20% p.a. Pengembalian pinjaman dilakukan setiap bulan. Pemberi pinjaman disarankan untuk menyalurkan kembali dana pengembalian pinjaman, untuk mendanai pinjaman lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan potensi return .


    Menjaga tingkat kegagalan pembayaran seminimal mungkin adalah kunci menjaga tingkat pengembalian yang tetap positif dikala terjadi kegagalan pembayaran. Hal ini dilakukan dengan cara meneliti, menguji, dan memperbaiki Scoring Grade secara terus-menerus. Sebagai bukti keyakinan kami, kami menanamkan dana kami di semua pinjaman yang kami tampilkan.


  • Apakah pendapatan bunga yang saya miliki dikenakan pajak?

    Berdasarkan PPh 23, pendapatan bunga pinjaman Anda akan dikenakan pajak sebesar 15% dan setiap pengurusan, pelaksanaan, pelaporan atau penuntasan kewajiban perpajakan tersebut kepada otoritas perpajakan yang berwenang sesuai ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku wajib dilakukan oleh Anda secara pribadi.

  • Berapa lama jangka waktu pendanaan?

    Semua pinjaman yang dipublikasikan akan diberi waktu 6 hari untuk pengumpulan dana. Untuk setiap pinjaman yang dipublikasikan, Modalku akan mengirimkan notifikasi kepada pemberi pinjaman yang telah bersedia dikirimkan info mengenai pinjaman baru. 


    Jika berhasil, dana pinjaman akan disalurkan kepada peminjam yang bersangkutan. Jika dana belum berhasil dikumpulkan selama 6 hari, kami memberikan pilihan kepada peminjam untuk menambah durasi pengumpulan dana selama sebanyak 6 hari. Apabila dana yang terkumpul masih belum tuntas, tim kami akan melakukan analisis lebih lanjut, menentukan apakah dana yang terkumpul akan disalurkan atau dibatalkan.


  • Seberapa aman pendanaan pinjaman di platform Modalku?

    Berdasarkan data keuangan Bank Indonesia, rasio Non-Performing Loan di Indonesia terhitung kecil. Kendati demikian, kami tetap menjamin bahwa aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami memonitor UKM secara ad-hoc dan mengingatkan UKM peminjam untuk membayar pengembalian bulanan secara tepat waktu.


    Jika terjadi default, Departemen Collection dan pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman. 


  • Apa saja risiko yang terdapat ketika melakukan pendanaan pinjaman di platform Modalku?

    Seperti alternatif investasi pada umumnya, pinjaman kepada UKM juga memiliki risiko. Kami mengupayakan kajian kelayakan pinjaman terhadap UKM dan pemilik usahanya untuk menjamin diterimanya pengembalian dana oleh pemberi pinjaman. Kendati demikian, default dari pinjaman UKM merupakan risiko yang tidak dapat dihindari oleh pemberi pinjaman. Jika tindakan antisipasi tidak berhasil, maka pemberi pinjaman akan menanggung risiko kerugian. Namun sebagai pihak yang turut melakukan pendanaan, kami akan menanggung risiko yang sama dengan para pemberi pinjaman


  • Bagaimana bila Modalku mengalami kebangkrutan?

    Kami menggunakan semua tolak ukur untuk melindungi pendanaan yang Anda lakukan. Kami adalah perusahaan yang mendapatkan pendanaan yang memadai, dengan rencana dan kapabilitas untuk menjadi marketplace pinjaman yang terbaik dan terbesar di Asia Tenggara. Kami dipimpin oleh tim manajemen lokal dengan pengalaman internasional kelas dunia. Dalam kondisi default, perjanjian pinjaman Anda akan diteruskan dan kami akan menemukan agen ternama untuk melanjutkan kewajiban kami kepada para pemberi pinjaman.

  • Apakah saya dapat membatalkan pendanaan yang telah diproses?

    Ketika pendanaan sudah disepakati, maka kami tidak dapat menarik kembali dana yang telah Anda salurkan. Penarikan semacam ini berpotensi mengganggu proses penggalangan dana dan merugikan pemberi pinjaman lainnya.  


  • Mengapa kadang ada jarak waktu antara selesainya proses crowdfunding atau pendanaan tuntas berubah menjadi pinjaman aktif?

    Kadang ada jarak waktu beberapa hari antara selesainya proses crowdfunding dengan aktifnya pinjaman (pencairan). Ini bisa disebabkan karena ada proses legalitas kredit dan kelengkapan dokumen tambahan yang diperlukan UKM sesuai dengan kebijakan internal Modalku untuk keamanan tambahan dari setiap pinjaman UKM yang Anda danai.

PELUNASAN

  • Seberapa sering cicilan pelunasan dibayarkan oleh peminjam?

    Peminjam dana membayar cicilan pokok dan bunga secara bulanan. Pembayaran dilakukan di tanggal 1 & 15 setiap bulan. Namun, demi kenyamanan bersama, semua status cicilan akan di mutakhirkan pada tanggal 8 dan 23 setiap bulan, atau pada hari kerja berikutnya apabila tanggal-tanggal tersebut merupakan hari libur. Anda dapat melihat saldo Anda yang ter-update dalam akun Anda.

  • Bagaimana cara saya melakukan penarikan dana?

    Anda dapat melakukan penarikan dana kapanpun di halaman "penarikan" di akun Anda, selama dana tersebut tidak dialokasikan ke pinjaman manapun. Setelah penerimaan dan persetujuan penarikan dana, kami akan mengirimkan dana kembali ke rekening Anda selambat-lambatnya 3 hari kerja dengan biaya transfer antar bank (apabila rekening Anda bukan Bank Sinarmas).

  • Apa yang terjadi ketika pelunasan dilakukan lebih awal oleh peminjam?

    Konsisten dengan visi kami untuk membangun UKM, kami membolehkan UKM peminjam untuk membayar pinjaman lebih awal. Sebagai penghargaan, pemberi pinjaman akan mendapatkan 1% pokok yang belum dilunasi jika peminjam memilih untuk membayar lebih awal. Kami juga akan memperlihatkan kesempatan pinjaman lain dan cashback kepada pemberi pinjaman, ketika mereka memilih menyalurkan kembali dananya untuk pendanaan. 

  • Apa yang terjadi ketika pelunasan terlambat dilakukan oleh peminjam?

    Kami selalu mengingatkan UKM peminjam untuk membayar tepat waktu. Jika  terjadi keterlambatan pembayaran, bunga dan denda keterlambatan akan dibebankan kepada peminjam, untuk keadilan pemberi pinjaman. Kami juga akan memulai prosedur internal credit collection secepatnya. Apabila kami tidak berhasil mengumpulkan pengembalian setelah lebih dari 31 hari, pinjaman tersebut akan dianggap default. 
    Ketika default terjadi, partner collection kami akan siap untuk mengumpulkan keterlambatan pembayaran. Jika usaha tersebut gagal, kami akan mengupayakan tindakan hukum.

REGULASI

  • Apakah alternatif investasi dari Modalku dijamin atau diasuransikan?

    Saat ini, alternatif investasi pinjaman UKM belum diasuransikan, karena belum adanya lembaga yang telah memiliki sistem untuk memfasilitasi program asuransi untuk alternatif investasi tersebut. Kendati demikian, kami terus meneliti dan memperbaiki proses penilaian kredit dan mencari peluang untuk menambah keamanan bagi pemberi pinjaman. Melakukan diversifikasi kepada pendanaan Anda di Modalku sangatlah dianjurkan untuk meminimalisir potensi risiko yang Anda tanggung.

  • Apakah kegiatan operasional Modalku diatur oleh pemerintah?

    Kegiatan operasional kami belum berada dibawah jurisdiksi regulator manapun. Di saat bersamaan, kami melakukan komunikasi dengan pemerintah melalui lembaga-lembaga terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementrian Komunikasi dan Informasi. Sejauh ini, kami mendapatkan sinyal positif.


PERTANYAAN UMUM

  • Bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi pemberi pinjaman?

    Proses pendaftaran dimulai dengan membuat akun baru Modalku. Caranya sangat mudah: klik "Daftar Sekarang" kemudian isilah semua data yang diminta lalu klik "Daftar". Selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut:

    1. Cek e-mail Anda dan klik pada link verifikasi yang kami kirimkan
    2. Isilah Formulir Registrasi Perjanjian Berlangganan, Anda akan diminta untuk memberikan data bank serta scan KTP Anda.
    3. Akun pemberi pinjaman Anda langsung aktif! Namun untuk melakukan aktivitas pendanaan, mohon lakukan deposit minimal Rp 10 juta (deposit Anda akan dikonfirmasi dalam 3-5 jam kerja)

  • Apa saja syarat untuk menjadi pemberi pinjaman?

    Anda harus berusia minimal 18 tahun. Warga Negara Indonesia dan asing diperbolehkan untuk menjadi pemberi pinjaman, terlepas dari lokasi tempat tinggal Anda. Untuk mendukung pencegahan money laundering yang dilakukan oleh pemerintah, Anda diharuskan untuk memberikan data KTP / Passport.

  • Bagaimana cara saya memulai pendanaan UKM?

    Setelah Anda melakukan deposit minimal Rp 10 juta, Anda dapat memulai aktivitas pendanaan UKM. Untuk melihat pilihan UKM yang sedang aktif dalam proses pengumpulan dana, silahkan login ke akun Modalku Anda dan klik menu "Cari Pinjaman"

  • Seberapa aman pendanaan pinjaman di platform Modalku?

    Berdasarkan data keuangan Bank Indonesia, rasio Non-Performing Loan di Indonesia terhitung kecil. Kendati demikian, kami tetap menjamin bahwa aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami memonitor UKM secara ad-hoc dan mengingatkan UKM peminjam untuk membayar pengembalian bulanan secara tepat waktu.

    Jika terjadi default, Departemen Collection dan pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman. 

  • Berapa perkiraan suku bunga dari pendanaan yang saya lakukan?

    Suku bunga untuk tiap pemberi pinjaman berbeda satu dengan yang lainnya, bergantung kepada berbagai faktor seperti kondisi pasar, pilihan pinjaman yang didanai, nominal investasi, tingkat diversifikasi, dll. Nilai suku bunga dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

    Suku bunga = nilai nominal bunga pinjaman – 3% biaya administrasi 

    Rumus diatas tidak memperhitungkan gagal bayar.

    Pinjaman yang kami tampilkan memiliki tingkat suku bunga sekitar 12-20% p.a. Pengembalian pinjaman dilakukan setiap bulan. Pemberi pinjaman disarankan untuk menyalurkan kembali dana pengembalian pinjaman, untuk mendanai pinjaman lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan potensi return .

    Menjaga tingkat kegagalan pembayaran seminimal mungkin adalah kunci menjaga tingkat pengembalian yang tetap positif dikala terjadi kegagalan pembayaran. Hal ini dilakukan dengan cara meneliti, menguji, dan memperbaiki Scoring Grade secara terus-menerus. Sebagai bukti keyakinan kami, kami menanamkan dana kami di semua pinjaman yang kami tampilkan.

  • Kapan saya bisa mengetahui pembayaran cicilan pinjaman saya di akun saya?

    Pembayaran dilakukan peminjam di tanggal 1 & 15 setiap bulan, tergantung tanggal pencairan. Namun, demi kenyamanan bersama, semua status cicilan akan di mutakhirkan pada tanggal 8 dan 23 setiap bulan, atau pada hari kerja berikutnya apabila tanggal-tanggal tersebut merupakan hari libur. Anda dapat melihat saldo Anda yang ter-update dalam akun Anda.

FAQ Invoice Financing Modalku

 

INVOICE FINANCING MODALKU

  • Apa itu Invoice Financing Modalku?

    Invoice Financing Modalku merupakan produk pinjaman bagi pebisnis yang membutuhkan modal usaha cepat namun pendapatannya banyak berupa invoice yang belum dibayar klien/supplier. Saat invoice dibayar, peminjam akan membayar pinjaman invoice financing dengan ketentuan yang sudah disetujui.

  • Bagaimana Modalku menilai kelayakan invoice yang akan dibiayai?

    Pengajuan invoice financing dievaluasi dan disetujui berdasarkan kriteria dan pengujian yang ketat. Kami menggabungkan metode evaluasi yang digunakan institusi keuangan tradisional dengan metode inovatif yang digunakan di lembaga keuangan lainnya. Kami mengevaluasi hard data dan soft data yang diberikan calon peminjam dan melakukan validasi atas data tersebut melalui pihak ketiga dan cek lapangan. Semua proses penilaian akan dituangkan ke dalam Modalku Scoring Grade, yaitu penilaian Modalku terhadap peminjam beserta kapasitas dan keinginannya mengembalikan pinjaman.

  • Bagaimana saya bisa mendanai invoice financing?

    Karena peminjam memerlukan dananya dengan cepat untuk produk invoice financing, maka Modalku hanya membuka waktu crowdfunding selama 1-3 hari. Juga mengingat kebutuhan peminjam, maka khusus untuk invoice financing, kami hanya menyediakan opsi pendanaan otomatis di akun pemberi pinjaman Anda.

    Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan opsi pendanaan invoice financing otomatis di akun pemberi pinjaman Anda:

    1) Pertama-tama login terlebih dahulu ke akun Modalku Anda
    2) Pilih menu "Cari Pinjaman"
    3) Pilih tab "Invoice Financing"
    4) Tentukan nilai pinjaman otomatis yang Anda kehendaki
    5) Kemudian klik "Simpan" untuk submit pilihan Anda ke sistem kami
    6) Pastikan saldo Anda di Modalku tersedia sesuai dengan nilai alokasi pinjaman yang Anda tentukan. Misalnya: pilihan pinjaman otomatis Anda Rp 2 juta, maka pastikan Anda minimal memiliki saldo Rp 2 juta di akun Modalku

  • Berapa lama pilihan tenor yang tersedia?

    Pilihan tenor invoice financing yang saat ini tersedia di Modalku adalah 1-2 bulan. Namun, kami mungkin menawarkan tenor lebih dari 2 bulan ke depannya. 

  • Berapa tingkat pengembalian yang diberikan?

    Tingkat pengembalian yang dapat diterima pemberi pinjaman Modalku adalah mulai dari 12% per tahun. 

  • Seberapa amankah produk invoice financing ini?

    Kelebihan dari invoice financing adalah hubungan yang sudah terjalin baik antara peminjam dan pihak lainnya (seperti supplier/klien/distributor) sehingga risiko lebih kecil dan unsur fraud bisa ditangani dengan baik. Berdasarkan data keuangan Bank Indonesia, rasio non-performing loan di Indonesia terhitung kecil. Kendati demikian, Modalku tetap menjamin bahwa setiap aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami terus memonitor peminjam dan akan mengingatkan peminjam untuk membayar pinjaman secara tepat waktu.

    Departemen Collection dan/atau pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman. Namun perlu diperhatikan risiko default (kredit macet) akan tetap ada, Anda dapat kehilangan sebagian atau keseluruhan pendanaan Anda. Maka kami sangat menyarankan Anda untuk terus melakukan diversifikasi terhadap pinjaman yang kami tawarkan di Modalku.

  • Berapakah pendanaan minimal untuk produk invoice financing ini?

    Pendanaan minimal Rp 1 juta per pinjaman.

  • Apa saja biaya yang dibutuhkan untuk produk invoice financing ini?

    Biaya layanan senilai 3% (dari pokok + bunga)

FAQ Administrasi

 

AKUN

  • Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk pemberi pinjaman?

    Pemberi pinjaman harus terlebih dahulu mengisi perjanjian berlangganan yang terletak di dashboard akun. Kami akan mengirimkan dokumen elektronik kepada pemberi pinjaman ketika perjanjian telah diisi dan kami menerima deposit. Setelah perjanjian elektronik ditandatangani, maka kami akan melakukan verifikasi akhir dan mengaktifkan akun pemberi pinjaman.

  • Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk peminjam?

    Setelah peminjam lulus proses penilaian komprehensif dari Tim Modalku, peminjam akan mendapatkan Offering Letter (OL) dari pihak Modalku melalui akun yang terdaftar. Setelah peminjam menyetujui OL yang kami berikan, proses pengumpulan dana akan dimulai. Ketika proses pengumpulan dana sukses, penandatanganan kontrak pinjaman akan dilakukan secara langsung antara peminjam dan Tim Modalku

  • Seberapa aman informasi pribadi saya?

    Kami menjamin keamanan informasi Anda sebisa mungkin. Data yang masuk kedalam platform kami diamankan dan dienkripsi menggunakan SSL. Kami juga menggunakan enkripsi data MD-5, pengacakan dokumen URL, filter SQL Injection, dan Content Delivery Network (CDN) terpisah untuk keamanan. Dari segi server, kami telah melakukan instalasi firewall dan anti-virus untuk perlindungan, dan kami secara regular melakukan back-up untuk keamanan server kami.  

  • Bagaimana cara untuk mengubah informasi dalam akun saya?

    Klik “Pengaturan” pada dashboard Anda untuk merubah sebagian besar informasi. Untuk informasi kritikal, seperti detil akun bank, mohon mengirim email ke layanan@modalku.co.id. Hal ini dilakukan untuk meyakini bahwa perubahan informasi penting memang berasal dari Anda.

  • Bagaimana jika saya lupa password?

    Silahkan klik “Lupa Password?” di halaman sign-in. Instruksi untuk me-reset password Anda akan dikirimkan ke email terdaftar Anda.

  • Apakah bisa sign-in ke akun melalui Facebook?

    Peminjam ataupun pemodal dapat mendaftar di Modalku dengan menghubungkan akun Facebook. Selanjutnya, baik peminjam ataupun pemodal harus membuat password untuk akun Modalku (hal ini kami lakukan untuk memastikan keamanan akun Anda). Silahkan untuk setelahnya sign-in menggunakan password akun Modalku Anda.

FAQ VA Sinarmas

 

VIRTUAL ACCOUNT SINARMAS

Rukan Puri Mansion Blok B No. 6
Jl. Lingkar Luar Barat, Kembangan Selatan
Jakarta Barat 11610
Indonesia

Tel : +62 21 29866955 / +62 21 5401044
Email : info@modalku.co.id
© 2015 Modalku. All rights reversed.
SSL Secure Site
Kegiatan usaha Modalku diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Modalku telah mengajukan pendaftaran sebagai penyelenggara usaha Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (IT-based P2P Lending) OJK sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan saat ini sedang dalam proses pengurusan aplikasi pendaftaran oleh OJK