Frequently Asked Question

Setelah invoice disetujui, invoice tersebut akan muncul pada tab 'Approved' yang terdapat pada halaman ‘Invoice’. Setelah pinjaman dicairkan, pinjaman akan berpindah statusnya dari laman 'Approved' dan akan ditampilkan dalam halaman  'Loan & Repayment’ di halaman sisi kiri.

Mohon menghubungi Relationship Manager Modalku Anda, dan memberikan detail berikut: (Nama perusahaan, PIC, email PIC, nomor telepon PIC, alamat perusahaan, detail rekening bank)

Mohon menghubungi Relationship Manager Modalku Anda untuk bantuan.

 Berhati-hatilah saat memasukkan detail invoice dalam template yang diberikan. Mohon dipastikan bahwa jumlah nominal invoice hanya berisikan angka, tidak mengandung koma (,) atau titik (.). Untuk submit tanggal, mohon menggunakan format DD / MM / YYYY. Untuk penamaan file invoice (diunggah sebagai lampiran), mohon mengikuti format ini <Nomor Invoice> _ <tipe dokumen>. <Nomor invoice > adalah nomor yang tertera di faktur (contoh: 123). <doc_type> adalah jenis dokumen yang diunggah (contoh: invoice, purchase order, dll), Misalnya: 123_invoice, 123_po, dll. Nomor invoice harus berbeda untuk setiap submit. Jika kesalahan/error masih terjadi, mohon menghubungi Relationship Manager Modalku Anda.

Mohon menghubungi Relationship Manager Modalku jika Anda perlu pengguna (user) tambahan.

Demi alasan keamanan, kami hanya mengizinkan pengguna (user) untuk masuk ke satu perangkat di waktu yang bersamaan. Namun, jumlah pengguna (user) dapat ditambahkan sesuai kebutuhan Anda. Mohon menghubungi Relationship Manager Modalku jika Anda perlu menambah pengguna sesuai kebutuhan.

Jika Anda telah menggunakan semua limit pinjaman Anda, kami perlu memperbaharui jumlah terutang (outstanding) dengan cara melunasi (settle) pembayaran pinjaman Anda sebelum pencairan lain dapat dilakukan. Transfer dana antar bank membutuhkan waktu dan sifatnya bervariasi. Setelah dana tersedia di rekening bank kami, kami akan segera memulai proses settlement yang biasanya memakan waktu kurang dari 24 jam. Limit pinjaman Anda akan diperbarui secara otomatis setelah settlement pinjaman dilakukan.

Anda masih dapat mengedit setiap detail untuk permintaan pencairan sebelum mengklik tombol 'Request Invoice(s) Approval'. Jika Anda sudah mengklik 'Permohonan Invoice (s) Approval', itu berarti permintaan Anda telah dikirimkan ke Modalku. Mohon menghubungi Relationship Manager Modalku jika Anda perlu melakukan perubahan pada permintaan pencairan.

Hal ini dapat terjadi karena:

(1) Penyesuaian tanggal jatuh tempo pinjaman yang jatuh pada hari Sabtu/Minggu/Libur Nasional.
(2) Penyesuaian atau koreksi tenor pinjaman untuk mematuhi ketentuan yang disetujui pada Offering Letter. Mohon mengacu kepada Offering Letter tentang perhitungan jangka waktu pinjaman.

Tanggal pencairan kami adalah paling cepat 3 hari kerja setelah tanggal permintaan pencairan, atau seperti yang dijelaskan dalam Surat Penawaran (Offering Letter) kami. Tanggal pencairan aktual akan menyesuaikan pada proses review dari Tim Modalku dan waktu penyelesaian crowdfunding.

Sesuai dengan kondisi dan dokumen pencairan yang tertera di Offering Letter masing-masing (" Syarat Pencairan").

Berikut ini adalah penamaan file yang benar <Invoice Number>_<doc type>. <Invoice Number> adalah nomor yang tertera di invoice (contoh: 123). <doc_type> adalah

jenis dokumen yang diunggah  (contoh: invoice, purchase order, etc). Misalnya: 123_invoice,

123_po, dll.

Kami menyarankan Anda untuk mengupload satu dokumen invoice dalam satu file (pdf ','jpg ',' jpeg ',' png ',' gif '). Setiap file harus dinamai sesuai dengan pedoman kami. Hal ini bertujuan agar sistem kami dapat mengaitkan setiap invoice dengan dokumen pendukung/koresponden lainnya (seperti: PO/DO/faktur pajak/tanda terima faktur, dll.)

'Upload Invoice Details' adalah fitur untuk mengupload beberapa invoice secara bersamaan. Ini berguna jika Anda memiliki banyak invoice yang ingin diupload. Sedangkan 'Enter Invoice Uploads' adalah fitur untuk mengupload invoice satu per satu. Fitur ini lebih mempermudah Anda, meskipun mungkin memerlukan waktu lebih lama bagi Anda untuk mengupload beberapa invoice. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada pertanyaan

 Pinjaman Anda akan dicairkan setelah sistem crowdfund telah selesai. Crowdfund membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja setelah pinjaman disetujui oleh Modalku. Pinjaman dapat dicairkan lebih awal jika crowdfund telah selesai sebelum 3 hari kerja.

Anda dapat melihatnya melalui halaman 'Simulate Repayment', lalu pilih Loan terkait, dan pilih tanggal pembayaran yang diajukan untuk menghitung bunga dan biaya fasilitas pinjaman.

Jika memiliki banyak invoice, Anda disarankan untuk menggunakan fitur ‘Upload Invoice Details'  dimana Anda dapat melakukan upload banyak invoice sekaligus melalui template yang diberikan. Lihat pertanyaan pada no.3 untuk cara upload.

Status invoice menyampaikan perjalanan invoice Anda sejak diajukan hingga disetujui; dan berubah menjadi pinjaman/loan. Status invoice dapat ditemukan dengan klik tab ‘Invoice’ di bagian kiri.

Tanggal jatuh tempo pinjaman dapat Anda temukan di tab kiri 'Loan & Repayments' yang terdapat pada laman ‘Loan’.

Username adalah email yang digunakan untuk login. Jika Anda lupa, mohon menghubungi Relationship Manager Modalku Anda.

Klik tombol “forgot password” pada halaman login Silkroad -> masukan username/email Anda. Kami akan mengirimkan link untuk mereset password Anda kepada email tersebut. Perlu diperhatikan bahwa kata sandi harus mengandung kombinasi angka dan huruf.

Ada 2 pilihan dalam mengunggah invoice, berikut caranya:
(1) 'Upload Invoice Details'  untuk upload banyak invoice secara bersamaan.
Caranya:
- Klik tab ‘invoices’ pada bagian kiri

- Klik 'create new invoice' pada bagian kanan atas halaman ‘invoices’

- Pilih facility jenis pinjaman yang Anda inginkan

- Pilih 'add invoice'

- Pilih ‘upload invoice details’ pada bagian select method to create invoice
- Klik download template berbentuk file CSV
- Mengisi rincian invoice sesuai dengan format yang diberikan
- Upload dokumen/file invoice terkait secara bersamaan
*Perhatikan bahwa nama file invoice harus mengikuti format ini: invoice no_tipe file (contoh:123_invoice) yang dikaitkan dengan no invoice tertentu. Dengan demikian, system dapat membaca file invoice yang telah diupload dengan detail invoice yang telah diisi.

(2) 'Enter Invoice Details' untuk memasukan detail invoice (submit) satu per satu.
Caranya:
- Klik tab ‘invoices’ pada bagian kiri

- Klik 'create new invoice' pada bagian kanan atas halaman ‘invoices’

- Pilih facility jenis pinjaman yang Anda inginkan

- Pilih 'add invoice'

- Pilih ‘enter invoice details’ pada bagian select method to create invoice
- Isi seluruh informasi yang dibutuhkan
- Mengunggah dokumen invoice
- Klik ‘add row’

 'pdf', 'jpg', 'jpeg', 'png', 'gif', 'html', 'xlsx' or excel.

Jika ada kesalahan dalam permintaan pencairan pinjaman, permintaan pencairan pinjaman Anda kemudian akan masuk ke dalam tab 'Revise' atau 'Reject'. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengupload kembali permintaan pencairan yang benar, beserta invoice, dan dokumen pendukung lainnya.