Pilar Keberlanjutan Modalku

Stronger Societies

Memberdayakan UMKM di Asia Tenggara melalui peningkatan terhadap akses pendanaan.


Dukung UMKM yang belum terjangkau akses pendanaan, namun layak mendapatkan kredit

Stronger Planet

Mendukung transisi menuju perekonomian yang lebih hijau di Asia Tenggara.


Menjadi penggerak dan katalis transisi ekonomi hijau, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta ekonomi sirkular Asia Tenggara dengan memberdayakan UMKM ramah lingkungan

Stronger People

Fokus menciptakan ruang yang inklusif, beragam, dan setara bagi karyawan kami untuk melakukan bisnis secara bertanggung jawab.


Memberdayakan individu untuk mendorong dampak yang berarti terhadap lingkungan dan masyarakat melalui pertumbuhan pribadi serta mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab, mendukung keadilan sosial, dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Inisiatif di Grup Modalku

Di Grup Modalku, kami percaya bahwa kami memiliki peran untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan sejalan dengan pendekatan triple bottom line. Kami memiliki tujuan untuk mewujudkan keseimbangan antara faktor ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam operasi internal dan aktivitas pendanaan kami.

Implementasi pada bisnis Grup Modalku

  • Menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam praktik bisnis

  • Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan dan Sosial (ESMS) dan mengintegrasikan penilaian risiko ESG dalam proses penilaian kredit.

  • Melakukan edukasi internal terkait ESG dan perubahan iklim

Implementasi untuk dukung perjalanan keberlanjutan UMKM

  • Meningkatkan akses pendanaan untuk UMKM yang memiliki fokus pada ekonomi hijau atau ekonomi sirkular

  • Meningkatkan kesadaran melalui konten edukasi yang berfokus pada ESG

  • Membentuk komunitas UMKM untuk berbagi pengetahuan dan memfasilitasi kolaborasi.

Kontribusi Grup Modalku

SDGs adalah tujuan yang ditetapkan oleh PBB untuk membantu dunia mencapai masa depan yang berkelanjutan bagi semua orang. 17 tujuan ini berfungsi sebagai blueprint bagi dunia untuk mencapai perdamaian dan kesejahteraan bagi manusia dan bumi, baik saat ini maupun di masa depan. Dengan misi untuk menciptakan masyarakat yang lebih kuat (stronger societies), kami berkontribusi terhadap SDGs melalui inisiatif keberlanjutan pada lima tujuan berikut:

Grup Modalku menyatakan komitmennya pada UN Global Compact untuk menjalankan operasional bisnis secara bertanggung jawab dan sejalan dengan prinsip keberlanjutan universal. Kami mematuhi 10 prinsip UNGC yang mencakup bidang ketenagakerjaan, hak asasi manusia, lingkungan, dan antikorupsi, serta bergabung dengan perusahaan global lainnya sebagai pelopor dalam keberlanjutan.

ESBN Green Deal

Ingin memulai perjalanan pelaporan data keberlanjutan dan ESG Anda?
Gunakan sarana penilaian mandiri ESG untuk UMKM secara gratis yang didukung oleh mitra kami, STACS - ESGpedia.

Ikuti penilaiannya sekarang dan dapatkan badge Green, Silver, atau Gold dari ESBN Asia-Pasific Green Deal untuk mendapatkan pengakuan dan visibilitas yang lebih besar terhadap keberlanjutan bisnis Anda. Penilaian ini merupakan sarana yang tepat untuk membantu Anda:

Memenuhi permintaan investor dan regulator

Mengakses peluang pendanaan baru

Meningkatkan daya saing Anda

Dapatkan badge Anda sekarang!

Cari tahu tentang ESBN Asia-Pacific Green Deal

ESBN Gold Badge

Grup Modalku telah resmi mendapatkan Gold Badge dari ESBN Asia-Pacific Green Deal untuk tahun 2023. Hal ini menunjukan dedikasi kami dalam mendukung pelaporan kinerja, komitmen, dan strategi keberlanjutan perusahaan.


Partisipasi Kami dalam Ruang Keberlanjutan

Laporan

Laporan Dampak Ekonomi Grup Modalku
Dari 73 juta UMKM di Asia Tenggara, sekitar 39 juta (51%) belum atau kurang terlayani oleh institusi keuangan yang menyebabkan kesenjangan finansial sebesar USD 272 miliar. Padahal UMKM memiliki potensi untuk menyediakan lapangan kerja yang signifikan dan berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB). Cari tahu lebih lanjut tentang studi dampak regional kami.

Accelerating Impact Beyond Access
Grup Modalku berpartisipasi dalam studi mengenai inklusi keuangan di Asia Tenggara. Laporan 'Accelerating Impact Beyond Access', yang dirilis oleh Center for Impact Investing and Practices & Temasek Trust, menyoroti potensi besar di wilayah ini.

Yuk, cari tahu peluang pendanaan di Grup Modalku sekarang!

Klik di sini

Rekomendasi Artikel

Kehadiran Ekonomi Sirkular di Indonesia

Ekonomi sirkular mengutamakan agar pelaku ekonomi menggunakan sumber daya (khususnya sumber daya alam) seefektif, efisien, & berkelanjutan. Dengan demikian, pelaku ekonomi dapat memulihkan dan melakukan regenerasi dengan mudah. 

Baca lebih lanjut >

Modalku Turut Serta dalam Implementasi Ekonomi Hijau

Ekonomi hijau merupakan suatu gagasan ekonomi yang untuk meningkatkan kesejahteraan  dan kesetaraan sosial  masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Lalu, apa peran Modalku?

Baca lebih lanjut >

Mengenal Perubahan Iklim

Perubahan iklim memiliki dampak serius dalam kehidupan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Baca lebih lanjut >

Indonesia

Pemberi Dana
layanan@modalku.co.id
+62 877 7126 5290

Penerima Dana
info@modalku.co.id
+62 877 7873 6144

Unifam Tower, Jl. Panjang Raya
Blok A3 No.1, Kedoya Utara,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat,
DKI Jakarta, 11520, Indonesia

Singapore

info@fundingsocieties.com
General Enquiries:
+65 6221 0958

Sales Enquiries:
+65 6011 7534

112 Robinson Road
Level 8
Singapore 068902

Malaysia

info@fundingsocieties.com.my
Primary contact
+603 9212 0208

Secondary contact
+603 2202 1013

Unit 15.01 & Unit 15.02,
Level 15, Mercu 3,
KL Eco City, Jalan Bangsar,
59200 Kuala Lumpur

Thailand

SME Loan
info@fundingsocieties.co.th
+66 93 139 9721

Investment
invest@fundingsocieties.co.th
+66 62 197 8661

No. 188, Spring Tower,
10th Floor, Phayathai Road,
Thung Phaya Thai Sub-district,
Ratchathewi District,
Bangkok, 10400

Vietnam

info@fundingsocieties.vn
(+84) 28 7109 7896

The Sentry P
16 Nguyen Dang Giai Street,
Thao Dien Ward, Thu Duc City,
Ho Chi Minh City, Vietnam

languageEnglish
lockSSL Secure Site

PERHATIAN:

  1. Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

  2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pendanaan bersama ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ('Pemanfaatan Data') pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

  4. Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan bersama, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

  5. Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga kredit usaha dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi kredit usaha.

  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana

  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan,tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna,baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

  9. Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan bersama atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan bersama antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata


PT Mitrausaha Indonesia Grup ("Modalku") telah berizin di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sebagai Perusahaan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dengan Surat Tanda Berizin KEP-81/D.05/2019 pada tanggal 30 September 2019 sehingga pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.