PRIVACY NOTICE

A. Ketentuan Umum

  • PT Mitrausaha Indonesia Grup ("

    Modalku

    ") adalah perusahaan yang telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("

    POJK 77

    ").

  • Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("

    Layanan

    ") adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka penyediaan fasilitas pinjaman  dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

  • Layanan ini disediakan Modalku sesuai dengan kebijakan, aturan ataupun prosedur internalnya yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya ("

    Layanan Modalku

    ").

  • Layanan ini disediakan dan diberikan Modalku melalui Platform Modalku.

  • Platform Modalku adalah (a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Modalku yang saat ini terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: www.modalku.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari www.modalku.co.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Modalku, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.

  • Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh pengunjung Platform Modalku, khususnya Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat 9 POJK 77, yaitu Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman yang menggunakan Layanan Modalku atau memanfaatkan Platform Modalku (selanjutnya seluruhnya disebut sebagai "

    Anda

    ").

“T

im Layanan Konsumen

” adalah tim internal Modalku yang bertugas melayani para Pengguna Platform Modalku sehubungan dengan manajemen Data Pribadi Pengguna.

B. Ketentuan Khusus

  • 1. Ruang Lingkup

    • Modalku berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pinjaman dan pelaksanaan kegiatan usaha Modalku, operasional maupun pemberian jasa dan layanan Modalku atau pengoperasian Platform Modalku sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi yang:

      • suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan;

      • Data Pribadi tersebut umumnya diketahui publik dan waktu itu belum diketahui melalui setiap pelanggaran Hukum yang berlaku;

      • merupakan atau secara sah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh Pihak yang Menerima atau Perwakilannya;

      • Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;

      • Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang berlaku; dan/atau

      • Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Informasi Rahasia yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.

    • Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Platform Modalku, profil risiko, portfolio pemberian pinjaman, sejarah pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Anda lakukan di Platform Modalku, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan dan/atau pengaksesan Platform Modalku oleh Anda yang termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:

      • dipersyaratkan atau diperoleh Modalku dari Pengguna atau diserahkan, disingkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform Modalku atau sumber daya Modalku;

      • diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Anda;

      • dikumpulkan oleh Modalku ketika Anda berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Modalku, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Anda;

      • diperoleh atau diakses secara sah oleh Modalku berdasarkan kebijakan dan prosedur internal Modalku terkait Layanan Modalku selama Anda masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau

      • wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Anda secara menurut ketentuan Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman atau secara sukarela dari waktu ke waktu.

  • 2. Tujuan

    Modalku berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi Anda dalam rangka atau terkait dengan upaya atau tujuan:

    • Mengelola akurasi informasi yang Anda berikan;

    • Asesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) permohonan atau aplikasi perolehan pinjaman; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman; dan/atau (iii) profil Anda;

    • Pemenuhan hak dan kewajiban Modalku berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman;

    • Pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman;

    • Pelaksanaan kegiatan usaha dan operasional Modalku dari waktu ke waktu dengan iktikad baik;

    • Survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau layanan oleh Modalku atau pihak terkait yang berkepentingan;

    • Mempelajari perilaku pengunjung dan Pengguna Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi; dan

    • Penegakan hukum dan kepatuhan Modalku terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.

    Tujuan-tujuan di atas tetap menjadi landasan bagi Modalku untuk menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Anda yang diatur  pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, menyerahkannya atau menyingkapkannya dengan iktikad baik kepada:

    • bank, biro penilai kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa penunjang lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, proses data, teknologi informasi, komputer, pembayaran, pengumpulan hutang, pengecekan referensi kredit, atau keamanan atau jasa lain yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Anda;

    • Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari Modalku dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Anda untuk tujuan tertentu;

    • Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif Modalku atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah;

    • Setiap pihak atau calon pengalihan dari Modalku atau pemindahan dari Modalku dalam hubungannya dengan Penerima Pinjaman, atau seluruh maupun sebagian aset atau bisnis Modalku; dan/atau

    • pihak-pihak yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan jaminan atau jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau menjaga kewajiban Penerima Pinjaman.

  • 3. Cara Perolehan, Pengumpulan dan Penyimpanan Data Pribadi

    Modalku berhak memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform Modalku, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya Modalku, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Anda (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan Modalku, maupun diakses Modalku atau diajukan oleh Anda melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang Modalku atau Anda gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan Modalku atau Platform Modalku.

    Penyimpanan Data Pribadi oleh Modalku adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. Modalku akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem Modalku atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan Modalku ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Anda

  • 4. Pernyataaan dan Jaminan

    • Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada Modalku adalah benar dan akurat.

    • Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait sebagaimana disebutkan dalam nomor 1 huruf b pada Kebijakan Privasi ini, dalam hal Anda mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan Modalku, sehingga Modalku dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini. 

  • 5. Batasan dan Ganti Rugi

    Modalku berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Anda kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Anda kepada siapapun. Namun Modalku tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam wujud apapun atau resiko kerugian yang Anda alami atau Anda maupun pihak manapun akibat atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan Modalku maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait Modalku lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:

    • Modalku tidak akan memberi ganti rugi, meresponi dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifisir, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Anda alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian Modalku berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;

    • Modalku tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh Modalku sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Anda dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Anda atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan

    • Modalku tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Anda atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Anda tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari Modalku maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait Modalku dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, Modalku tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Anda perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika Modalku mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.

  • 6. Hak Pengguna Untuk Merubah, Menambah, Memperbaharui dan/atau Menghapus Data Pribadi

    • Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi Anda, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada Modalku untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau diajukan pada Modalku.

    • Penghapusan Data Pribadi oleh Modalku akan dilakukan dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Pengguna meminta Modalku untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang - undangan yang berlaku.

    • Perubahan, penambahan, pembaharuan dan penghapusan Data Pribadi sebagaimana dimaksud huruf a diatas akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal Modalku yang tahapannya adalah sebagai berikut:

      • Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, surat elektronik (e-mail) dan/atau live chat kepada Modalku melalui Tim Layanan Konsumen;

      • Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan;

      • Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;

      • Modalku melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan untuk perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah disetujui; dan

      • Tim Layanan Konsumen akan menyampaikan kepada Pengguna terkait perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data Pribadi yang telah dilakukan.

    • Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada Modalku merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 18 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada Modalku dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan dalam huruf c

  • 7. Perubahan Kebijakan Privasi

    Modalku dapat melakukan perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan melalui email dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Anda disarankan untuk membaca dengan cermat, teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini.

Pembaruan Terakhir: [11 Juni 2019]

Contact us

Singapore

info@fundingsocieties.com
+65 6221 0958

112 Robinson Road
Level 8
Singapore 068902

Malaysia

info@fundingsocieties.com.my
+603 2202 1013

Unit 15.01 & Unit 15.02, Level 15,
Mercu 3, KL Eco City, Jalan Bangsar,
59200 Kuala Lumpur

Indonesia

Pemberi Pinjaman
layanan@modalku.co.id
+62 878 6500 8311

Peminjam
info@modalku.co.id
+62 877 7873 6144

Unifam Tower, Jl. Panjang Blok X No.1, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11520, Indonesia

languageEnglish
lockSSL Secure Site

Aplikasi Pemberi Pinjaman

PERHATIAN:

  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

  2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ('Pemanfaatan Data') pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

  4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

  5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.

  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman

  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan,tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna,baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman(baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna)terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara,Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata


PT Mitrausaha Indonesia Grup ("Modalku") telah berizin di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sebagai Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan Surat Tanda Berizin KEP-81/D.05/2019 pada tanggal 30 September 2019 sehingga pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.