SYARAT DAN KETENTUAN

1. DEFINISI

1.1

Untuk tujuan Syarat & Ketentuan (S&K) ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan dimana pun dalam S&K ini, akan memiliki arti sebagai berikut:

1.1.1

Hari Kerja” adalah hari (selain Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional) ketika bank komersil melaksanakan bisnis di Jakarta.

1.1.2

Hukum” adalah setiap undang-undang dan peraturan, surat keputusan atau kebijakan yang memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan, peraturan daerah, dan perundangan bawahan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional atau otoritas gabungan pemerintahan dan swasta, termasuk yang dari Republik Indonesia dan yurisdiksi terkait lainnya, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh suatu pihak, termasuk hukum dan keadilan bersama.

1.1.3

Rekening Virtual Pemberi Dana” adalah rekening virtual atas nama masing-masing Pemberi Dana dan Modalku (MDLK qq Nama Pemberi Dana) yang disediakan oleh bank yang bekerjasama dengan Modalku, di mana Pemberi Dana diwajibkan untuk menempatkan sejumlah dana sehubungan dengan pemanfaatan layanan Modalku.

1.1.4

Rekening Virtual Penerima Dana” adalah rekening virtual atas nama masing-masing Penerima Dana dan Modalku (MDLK qq Nama Penerima Dana) yang disediakan oleh bank yang bekerjasama dengan Modalku, yang menjadi rekening pengembalian dana Pendanaan oleh Penerima Dana sehubungan dengan pemanfaatan layanan Modalku.

1.1.5

Pemberi Dana” adalah orang perseorangan, badan hukum, dan/atau badan usaha yang memberikan Pendanaan dan memanfaatkan jasa dan layanan Modalku dalam bidang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan POJK Nomor 10 /POJK.05/2022 untuk disalurkan sebagai Pemberi Dana kepada Penerima Dana melalui Platform Modalku.

1.1.6

POJK 10” adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.

1.1.7

Penerima Dana” adalah orang perseorangan, badan hukum, dan/atau badan usaha yang menerima Pendanaan melalui layanan Modalku berdasarkan POJK 10.

1.1.8

Pengguna” adalah Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana yang menggunakan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang disediakan oleh Modalku.

1.1.9

Pendanaan” adalah penyaluran dana dari pemberi dana kepada penerima dana dengan suatu janji yang akan dibayarkan atau dikembalikan sesuai dengan jangka waktu tertentu dalam transaksi LPBBTI.

1.1.10

Permintaan Pendanaan” adalah sebagaimana yang diatur di Pasal 6.1 di bawah ini;"

1.1.11

Perjanjian Pengguna” adalah perjanjian yang mengatur ketentuan pemberian Pendanaan dari Pemberi Dana dan pemanfaatan layanan Modalku oleh Pemberi Dana yang disepakati oleh Modalku dan Pemberi Dana;

1.1.12

Perjanjian Pendanaan” adalah Perjanjian yang mengatur syarat dan ketentuan Pendanaan dari Pemberi Dana kepada Penerima Dana yang disepakati antara Pemberi Dana yang diwakili oleh Modalku berdasarkan kuasa yang diberikan pada Perjanjian Pengguna antara Pemberi Dana dan Modalku, yang dapat diakses Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana pada akun masing-masing di Platform Modalku dengan permintaan terlebih dahulu melalui layanan pengguna sebagaimana tertera dalam website Modalku.

1.1.13

Platform Modalku” adalah (a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Modalku yang saat ini terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: www.modalku.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari www.modalku.co.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Modalku, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.

1.1.14

Modalku” adalah PT Mitrausaha Indonesia Grup, suatu perusahaan yang telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (“POJK 10”)

1.1.15

S&K”, adalah Syarat dan Ketentuan ini ini yang dapat direvisi, diamandemen, atau ditambah dari waktu ke waktu oleh Modalku.

1.1.16

Kebijakan Privasi”, adalah kebijakan terkait data/informasi Pengguna, termasuk Data Pribadi sebagaimana dapat diakses pada Platform Modalku yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan S&K ini.

1.1.17

Data Pribadi” adalah setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Sistem Elektronik dan/atau nonelektronik.

2. UMUM

2.1

Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara S&K dan perjanjian yang mengikat Pengguna dengan Modalku, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam perjanjian yang berlaku. Segala hal-hal yang tidak bertentangan dengan S&K ini tetap mengikat dan berlaku bagi Pengguna.

2.2

Dalam S&K ini, semua rujukan kepada badan hukum atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya.

2.3

Tidak ada Hukum (atau interpretasinya) yang menyatakan ambiguitas dalam suatu dokumen diartikan untuk melawan pihak yang mempersiapkan dokumen terkait S&K ini.

2.4

Setiap rujukan Hukum, peraturan perundang-undangan, dan/atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada di bawah Hukum, peraturan perundang-undangan, atau penetapan tersebut.

2.5

Judul yang digunakan untuk S&K ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi S&K ini.

2.6

S&K ini dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh pengunjung Platform Modalku dan berlaku mengikat, khususnya termasuk calon Pengguna dan Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat 11 POJK 10, yaitu Pemberi Dana dan Penerima Dana yang menggunakan Layanan Modalku dan/atau memanfaatkan Platform Modalku.

2.7

Apabila pengguna kebutuhan khusus, penyandang disabilitas dan/atau lanjut usia, anda dapat segera menghubungi layanan Modalku (customer service) untuk menerima layanan khusus yang akan diberikan kepada Anda.

3. JASA YANG DIBERIKAN

3.1

S&K ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dimana Modalku akan memberikan jasa dan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (“LPBBTI”) melalui Platform Modalku yang akan memfasilitasi proses pendanaan kepada Penerima Dana (“Jasa“).

3.2

Pengguna menyetujui bahwa Modalku mempunyai pertimbangan tunggal dan absolut untuk menentukan apakah Pengguna dapat masuk dalam daftar calon Pemberi Dana atau Penerima Dana dan apakah anda memiliki kelayakan kredit (creditworthiness) yang menurut penilaian dan kebijakan Modalku dapat diterima sehingga Anda dapat memperoleh Pendanaan. Dalam hal Pengguna tidak dapat masuk dalam daftar calon Pemberi Dana atau Penerima Dana, Modalku tidak berhak untuk menyediakan jasa ataupun memunculkan kewajiban tambahan apapun kepada Pengguna sebagai Pemberi Dana atau Penerima Dana. Demikian juga halnya jika permohonan Pendanaan Pengguna ditolak oleh Modalku karena alasan apapun, Modalku tidak berkewajiban untuk memberikan penjelasan terperinci mengenai alasan, tolak ukur atau indikator penilaian yang menjadi dasar penerimaan atau penolakan tersebut, dan Pengguna tidak berhak menuntut ganti rugi, pemberian hak atau penggantian maupun kompensasi dalam wujud apapun kepada Modalku.

3.3

Ketentuan penyediaan jasa dari Modalku akan tunduk pada Hukum, S&K dan/atau setiap perjanjian yang mengikat Pengguna dengan Modalku, dan Modalku tidak bertanggung jawab atas tindakan yang diambil oleh pihak manapun dalam rangka mematuhi Hukum dan S&K ini kecuali memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Modalku.

3.4

Kecuali diatur lain, jasa yang disediakan oleh Modalku dapat termasuk memfasilitasi Pendanaan, atau jenis jasa lain yang Modalku akan perkenalkan dari waktu ke waktu.

4. PENGAKUAN

4.1

Pengguna memahami, mengakui, dan setuju bahwa Modalku tidak dan tidak akan pernah:

4.1.1

Menjalankan kegiatan usaha selain LPBBTI sebagaimana diatur dalam POJK 10 dan aturan lainnya mengenai penyelenggaraan LPBBTI di kemudian hari.

4.1.2

Menyediakan jasa penyimpanan dan/atau penitipan dana serta menyelenggarakan simpanan dalam bentuk apapun seperti giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.

4.1.3

Menjalankan penyertaan modal.

4.1.4

Memihak salah satu pihak, baik Penerima Dana maupun Pemberi Dana dalam Perjanjian Pendanaan.

4.1.5

Menyediakan jasa peringkat kredit atau bentuk kegiatan lainnya yang dipersamakan dengan itu sebagaimana diatur oleh OJK dan BI.

4.2

Pengguna memahami, mengakui, dan setuju bahwa peran Modalku hanya bersifat administratif dan sebagai fasilitator yang mengatur pengikatan antara Penerima Dana dan Pemberi Dana ke dalam perjanjian fasilitas Pendanaan terkait. Pengguna juga memahami bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha LPBBTI berdasarkan POJK 10, Modalku telah resmi terdaftar di OJK dan karenanya pelaksanaan kegiatan usaha Modalku diawasi oleh OJK;

4.3

Anda memahami dan mengakui bahwa LPBBTI merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana sehingga segala risiko yang timbul dari perikatan antara Pemberi Dana dan Penerima Dana ke dalam fasilitas Pendanaan terkait dan/atau ke dalam alternatif investasi lainnya yang dipilih oleh Pemberi Dana ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak, termasuk namun tidak terbatas pada risiko kredit atau gagal bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan perikatan tersebut ditanggung oleh Pemberi Dana tanpa adanya lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

4.4

Pengguna memahami dan mengakui bahwa Modalku berhak untuk membatasi dan menghentikan akses/transaksi Pengguna dalam menggunakan LPBBTI yang disediakan oleh Modalku setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tanpa alasan apapun, dalam hal (i) adanya pemeliharaan dan perbaikan sistem, (ii) pelanggaran terhadap ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini (iii) Perjanjian Pendanaan dan/atau Perjanjian Pengguna (sebagaimana relevan) dan/atau persetujuan lain antara Modalku dengan Pengguna, (iv) adanya penyalahgunaan atau perbuatan melawan hukum baik yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau pihak yang tidak berhak lainnya.

5. UJI KELAYAKAN CALON PENERIMA DANA

5.1

Ketika menerima aplikasi Jasa, penilai kredit dari Modalku akan mengadakan uji kelayakan calon Penerima Dana. Selama proses berlangsung, Modalku akan menghubungi lembaga, perusahaan, individu dan/atau pemberi pendanaan (kreditur) lainnya terkait serta untuk mencari informasi, melakukan verifikasi, dan konfirmasi informasi terkait calon Penerima Dana, termasuk (namun tidak terbatas pada) catatan historis hukum, kredit dan fasilitas kredit yang berjalan ditempat lain.

5.3

Setelah hasil yang memadai dari uji kelayakan oleh Modalku, Modalku akan menginfokan Penerima Dana mengenai syarat dan ketentuan Jasa melalui surat elektronik (e-mail) dan apakah Penerima Dana dapat masuk dalam daftar calon Penerima Dana dalam Platform Modalku.

6. PERMINTAAN PENDANAAN DARI PENERIMA DANA

6.1

Setelah Penerima Dana setuju pada syarat dan ketentuan dari jasa, Penerima Dana dapat mengajukan aplikasi pengajuan Pendanaan, yang akan menunjukkan jumlah yang dibutuhkan (“Permintaan Pendanaan“).

6.2

Permintaan Pendanaan bukanlah persetujuan dari Modalku untuk memberikan Pendanaan kepada Penerima Dana.

6.3

Jumlah maksimal fasilitas Pendanaan yang dapat diberikan kepada Penerima Dana adalah sejumlah yang tertera di Permintaan Pendanaan.

6.4

Setelah pengajuan Permintaan Pendanaan oleh Penerima Dana disetujui oleh Penerima Dana melalui Modalku, Penerima Dana setuju untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dan dokumen lain yang terkait fasilitas Pendanaan (sebagaimana disyaratkan) dalam jangka waktu yang disepakati Modalku dan Penerima Dana. Penerima Dana dengan ini setuju bahwa kegagalan dalam mengikatkan diri dalam perjanjian atau dokumen lain terkait dalam jangka waktu tersebut berakibat pada tidak berlakunya persetujuan Modalku atas Permintaan Pendanaan terkait.

7. PEMBAYARAN OLEH PENERIMA DANA

7.1

Untuk tujuan pembayaran kembali Pendanaan berikut dengan segala bunga, denda, biaya yang timbul atasnya, maka Pemberi Dana dengan ini menyatakan setuju atas pembukaan dan pengelolaan Rekening Virtual Penerima Dana pada bank yang berkerja sama dengan Modalku serta atas pengumpulan, pembagian data dan informasi terkait Penerima Dana kepada bank yang bekerja sama dengan Modalku.

7.2

Pembayaran kembali pokok Pendanaan, dengan manfaat ekonomi Pendanaan, harus dilakukan secara berkala. Ketika Penerima Dana mengalami gagal bayar, Modalku akan memberikan peringatan kepada Penerima Dana. Dalam hal Pemberi Dana gagal melakukan pembayaran kembali setelah diberikannya peringatan, maka Penerima Dana dinyatakan wanprestasi. Apabila terjadi wanprestasi, Modalku dapat melakukan penjadwalan (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning) dan/atau restrukturisasi (restructuring) skema pembayaran kembali Penerima Pendanaan serta dapat melakukan tindakan hukum dalam proses penyelesaian sesuai dengan penilaian Modalku terhadap Penerima Dana. Ketentuan dan tata cara mengenai restrukturisasi diatur lebih lanjut dalam Artikel Restrukturisasi Pendanaan. Dalam hal terjadi wanprestasi Pendanaan yang dilakukan oleh Penerima Dana, prosedur penyelesaian dan penagihan akan diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Pemberi Dana yang diwakili Modalku dengan Penerima Dana.

7.3

Penerima Dana memahami dan setuju untuk mematuhi untuk membayar setiap biaya terkait dengan fasilitas Pendanaan, termasuk biaya awal, biaya fasilitas, dan biaya lain-lain yang merupakan manfaat ekonomi Pendanaan (apabila ada sebagaimana disepakati dalam perjanjian Pendanaan terkait) kepada Pemberi Dana dan/atau pihak terkait lainnya dalam melakukan pengaturan dan administratif fasilitas Pendanaan dan perjanjian terkait. Sebagai tambahan, Penerima Dana sepakat untuk membayar semua denda, biaya keterlambatan pembayaran, biaya penagihan, dan biaya lainnya kepada Modalku sebagai hasil dari kegiatan yang dilakukan oleh Modalku atas bagian dari Jasa.

7.4

Pemberi Dana akan mendapatkan pembayaran kembali dari Penerima Dana sesuai dengan skema Pendanaan dengan Penerima Dana dan tunduk pada skema dan ketentuan yang berlaku pada sistem Modalku.

7.5

Pengguna harus melakukan pemotongan pajak secara mandiri dengan mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku mengenai PPh 23. Terkait tata cara perhitungan bisa mengacu pada [https://modalku.co.id/faq] maupun merujuk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

7.6

Untuk tujuan pemenuhan pembayaran kembali oleh Penerima Dana, Modalku dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan penagihan dan menghubungi Penerima Dana pada nomor yang diberikan ataupun pada nomor lainnya yang terdaftar atas nama Penerima Dana

8. PENDANAAN DAN PERJANJIAN PENGGUNA

8.1

Sehubungan dengan kegiatan pemberian Pendanaan dari Pemberi Dana kepada Penerima Dana melalui Platform Modalku, Pemberi Dana dengan ini menyatakan setuju atas pembukaan dan pengelolaan Rekening Virtual Pemberi Dana serta atas pengumpulan, pembagian data dan informasi terkait Pemberi Dana kepada bank yang bekerja sama dengan Modalku.

8.2

Sehubungan dengan kegiatan Pendanaan dari Pemberi Dana kepada Penerima Dana melalui Platform Modalku, Pemberi Dana dengan ini menyatakan setuju atas pembukaan Rekening Dana khusus Pemberi Dana (“RDL”) atas nama Pemberi Dana pada bank yang bekerja sama dengan Modalku untuk tujuan penyimpanan setiap dana yang akan diperuntukkan bagi Pendanaan. Untuk tujuan pembukaan RDL tersebut, Pemberi Dana menyatakan setuju atas kegiatan penerusan setiap informasi Pemberi Dana baik yang telah secara sah diperoleh Modalku berdasarkan S&K serta Perjanjian Pengguna, maupun informasi Pemberi Dana sebagaimana dimintakan dari waktu ke waktu, kepada bank yang bekerja sama dengan Modalku.

8.3

Pemberi Dana wajib untuk membaca secara seksama dan menyetujui Perjanjian Pengguna sebelum dapat menggunakan layanan Modalku.

8.4

Modalku dapat dari waktu ke waktu sesuai diskresinya merubah termasuk menambahkan maupun mengurangi isi dan bagian Perjanjian Pengguna yang mengikat Pemberi Dana dengan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pemberi Dana paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja baik melalui e-mail dari Modalku, karyawan, perwakilan atau cara lainnya yang ditentukan Modalku perihal perubahan tersebut sebelum berlaku efektif, dengan ketentuan bahwa perubahan tersebut:

  • Diwajibkan berdasarkan Hukum atau sewajarnya diperlukan menurut diskresi atau pertimbangan Modalku dalam mendukung upayanya untuk mematuhi Hukum atau mengadakan penyesuaian secara operasional maupun transaksional terhadap syarat atau ketentuan sebagaimana diatur Hukum tersebut;

  • Sewajarnya diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan Perjanjian Pengguna yang bersangkutan atau pemenuhan kewajiban Pemberi Dana, hak Modalku dan/atau Penerima Dana berdasarkan perjanjian terkait yang disepakati atau mengikat masing-masing pihak;

  • Sewajarnya diperlukan dalam rangka memastikan kepatuhan Pemberi Dana terhadap kebijakan dan prosedur internal Modalku atau mendukung kelancaran transaksi Pemberi Dana pada dan melalui Platform Modalku; dan/atau

  • Tidak memiliki dampak kerugian material terhadap Pemberi Dana yang dapat dikuantifisir secara nyata dan dibuktikan oleh Pemberi Dana melalui mekanisme pembuktian dalam Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (berikut perubahannya dari waktu ke waktu) dan Pasal 164 HIR (Het Herziene Indonesisch Reglement).

9. KUASA

9.1

Pengguna memberikan kuasa kepada Modalku untuk menerima, menindaklanjuti dan melakukan tindakan atas semua instruksi (termasuk instruksi elektronik) yang Pengguna lakukan. Instruksi-instruksi yang Pengguna sampaikan mengikat Pengguna setelah instruksi tersebut diterima Modalku.

9.2

Pengguna memberikan kuasa ke Modalku untuk:

9.2.1

Melaksanakan pengecekan dan penilaian kredit kepada Penerima Dana termasuk melakukan asesmen atau validasi terhadap setiap Data Pribadi dan dokumen atau informasi apapun yang diperoleh dari atau disingkapkan oleh Pemberi Dana;

9.2.2

Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana, sesuai dengan pertimbangan tunggal dan absolut Modalku jika dianggap Perlu;

9.2.3

Menggunakan semua sumber relevan, yang dapat digunakan oleh Modalku, untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh Modalku terkait dengan fasilitas Pendanaan yang diberikan;

9.2.4

Mengelola RDL atas nama Pemberi Dana sepenuhnya dengan batasan kepentingan hanya sehubungan dengan transaksi LPBBTI melalui platform Modalku dengan jenis transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pemindahbukuan, pengalihan dan/atau menerima manfaat pendanaan dana dari atau ke RDL;.

9.2.5

Meneruskan dana dari Pemberi Dana kepada Penerima Dana dengan tunduk pada skema yang berlaku pada sistem Modalku;

9.2.6

Mengajukan dan/atau melakukan segala tindakan yang terkait atas klaim dengan asuransi yang bekerja sama dengan Modalku sehubungan dengan pendanaan yang ditanggung oleh asuransi (sebagaimana relevan).

9.2.7

Mengungkapkan informasi dan/ atau data terkait Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana dan rekening-rekeningnya, dan/ atau kartu kredit yang dimiliki (jika ada dan sebagaimana relevan) kepada Modalku, atau informasi lainnya yang dipandang penting oleh Modalku kepada:

  • Kantor perwakilan dan cabang dan/ atau perusahaan atau perusahaan asosiasi terkait Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana, yang ada pada yurisdiksi manapun;

  • Pemerintah atau badan pemerintahan atau badan otoritas;

  • Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI);

  • Setiap calon pengalihan hak Penerima Dana atau pihak yang telah atau dapat memiliki hubungan kontraktual dengan Penerima Dana dalam kaitannya dengan fasilitas Pendanaan;

  • Biro kredit, termasuk anggota biro kredit tersebut (sebagaimana relevan);

  • Setiap pihak ketiga, penyedia jasa, agen, atau partner bisnis (termasuk, tidak terbatas pada, referensi kredit atau agen evaluasi) dimanapun situasinya mungkin terjadi; dan

  • Kepada pihak yang membuka informasi yang diperbolehkan oleh Hukum untuk membuka informasi.

10. BATASAN TANGGUNG JAWAB

10.1

Konten pada Platform Modalku disediakan sebagai informasi untuk khalayak publik dan bukan merupakan suatu pemberian rekomendasi dan/atau saran untuk melakukan pendanaan, pinjaman, kredit, pembelian dan/atau penjualan apapun kepada Pengguna.

10.2

Modalku tidak menyatakan dan menjamin untuk bertanggung jawab atas atas kehilangan keuntungan, bisnis/pendapatan atau kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban atau yang diderita oleh Pengguna yang timbul dari hubungan hukum yang secara sadar dan telah dilakukan dengan itikad baik oleh Pengguna melalui Jasa Modalku, termasuk namun tidak terbatas pada resiko kegagalan pembayaran kembali.

10.3

Modalku tidak menyatakan dan menjamin bahwa fungsi, konten dan/atau situs yang dapat diakses Pengguna melalui Platform Modalku bebas dari gangguan, kerusakan, kesalahan maupun kelalaian dan/atau bebas dari virus komputer, penghancur atau perusak, serta penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi, atau penggunaan setiap fungsi, konten dan/atau situs Platform Modalku tidak akan mempengaruhi komputer dan/atau perangkat lainnya yang dimanfaatkan Pengguna untuk mengakses Platform Modalku.

10.4

Modalku tidak menyatakan dan menjamin bahwa Platform Modalku akan selalu tersedia dan memenuhi setiap keinginan dan/atau kebutuhan Anda, termasuk akses pada Platform Modalku yang selalu tepat waktu, tanpa gangguan, kerusakan, penundaan, dan eror.

10.5

Modalku menyatakan dan menjamin keakuratan daripada fungsi, situs, perangkat pihak ketiga manapun yang bekerjasama dengan Modalku dan/atau yang dapat diakses melalui Platform Modalku.

10.6

Pengguna disarankan mendapatkan saran profesional mengenai Jasa termasuk produk dan layanan yang disediakan dalam Platform Modalku sebelum memutuskan untuk mengikatkan diri baik sebagai Pemberi Dana maupun Penerima Dana pada Platform Modalku. Pengguna harus mempelajari, mempertimbangkan serta memahami produk dan/atau layanan yang sesuai dengan Pengguna.

10.7

Pengguna bertanggung jawab dalam hal Pengguna mengakses Platform Modalku dan/atau menggunakan Jasa dalam hal:

  • Secara kontraktual dan ketika terjadi pelanggaran Perjanjian (termasuk kelalaian atau pelanggaran kewajiban), untuk (i) terjadinya kehilangan keuntungan, bisnis atau pendapatan, dan (ii) setiap kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, yang diderita atau disebabkan oleh Pengguna sebagai hasil atau dalam hubungan dengan ketentuan penyediaan Jasa;

  • Adanya kegagalan sistem, server, koneksi, gangguan, kesalahan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, penghancur atau perusak, penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi, sehubungan dengan pengaksesan Anda pada Platform Modalku dan/atau situs atau konten pihak ketiga yang bekerja sama dengan Modalku. Oleh karenanya, Pengguna bertanggung jawab secara penuh untuk melindungi data, peralatan, perangkat yang dimilikinya dan untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab untuk mencegah kegagalan sistem, server, koneksi, gangguan, kesalahan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, penghancur atau perusak, penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi atau hal-hal perusak lainnya;

  • Adanya perbuatan melawan hukum, kealpaan atau pelanggaran suatu perundang-undangan yang dilakukan Pengguna;

  • Adanya konsekuensi, kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, yang diakibatkan oleh adanya gangguan, kerusakan, penundaan error diluar kuasa dan dan/atau kendali Modalku;

  • Adanya konsekuensi, kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, sehubungan dengan setiap akses konten dan/atau situs pihak ketiga yang diakses oleh Pengguna melalui Platform Modalku; dan/atau

  • Adanya faktor - faktor lainnya yang berada diluar kuasa dan/atau kendali Modalku.

10.8

Dengan disepakatinya Perjanjian antara Pemberi Dana dengan Modalku maka:

  • Seluruh risiko Pendanaan yang timbul dalam transaksi LPBBTI ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Modalku bertanggung jawab dalam hal terjadi kelalaian atau kesalahan yang disebabkan oleh Modalku dan menimbulkan kerugian bagi Pemberi Dana.

  • Tidak ada pihak yang menanggung risiko gagal bayar Pendanaan maupun bertanggung jawab atas kerugian Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana dari atau terkait dengan pemberian Pendanaan atau kesepakatan apapun antara Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana, kecuali pertanggungan asuransi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku;

  • Pemberi Dana mengetahui dan memahami risiko gagal bayar dari Penerima Dana.

  • Pemberi Dana wajib mempelajari pengetahuan dasar mengenai LPBBTI sebelum melakukan Pendanaan.

  • Setiap kecurangan dan tindakan ilegal dilaporkan sepenuhnya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan masyarakat luas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  • Pemberi Dana sudah membaca dan mempelajari setiap syarat dan ketentuan serta setiap perjanjian yang berkaitan dengan Pendanaan;

10.9

Dengan disepakatinya Perjanjian Pendanaan antara Penerima Dana, Pemberi Dana dan/atau Modalku, Penerima Dana memahami bahwa:

  • Penerima Dana sudah mengetahui dan siap menanggung sepenuhnya kewajiban atas Pendanaan yang diberikan;

  • Penerima Dana sudah mengetahui risiko kehilangan aset ataupun harta kekayaaan akibat gagal bayar;

  • Penerima Dana sudah mengetahui, mempertimbangkan dan menyetujui segala tingkat bunga, biaya dan manfaat ekonomi lainnya yang berlaku sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Pendanaan;

  • Penerima Dana disarankan untuk mempelajari pengetahuan dasar mengenai LPBBTI sebelum mengajukan Pendanaan;

  • Setiap kecurangan dan tindakan ilegal dilaporkan sepenuhnya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan masyarakat luas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  • Catatan kredit Penerima Dana akan dilaporkan secara berkala kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk kepentingan Pusat Data Fintech Lending maupun Fintech Data Center (FDC) yang akan dimanfaatkan bersama dengan para pelaku industri perbankan nasional dan industri keuangan lainnya;

  • Penerima Dana telah membaca dan mempelajari setiap syarat dan ketentuan serta perjanjian yang berkaitan dengan Pendanaan.

10.10

Dalam hal pelaksanaan kegiatan LPBBTI oleh Pengguna, maka Pengguna dengan ini menyatakan bahwa segala informasi atau dokumen yang diberikan kepada Modalku adalah benar, asli dan sah, serta Pengguna tidak akan menyangkal keabsahan, keberlakuan, dan/atau penerimaan atas dokumen yang diberikan. Pengguna sepakat dan setuju bahwa setiap dokumen atau informasi yang diberikan kepada Modalku baik itu secara elektronik, tertulis dan/atau lisan akan mengikat sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Perjanjian Pengguna atau Perjanjian Pendanaan dan memenuhi setiap keberlakuan hukum atau pembuktian yang sah.

10.11

Pengguna sepakat dan setuju bahwa setiap dokumen atau informasi yang diberikan kepada Modalku baik itu secara elektronik, tertulis dan/atau lisan akan mengikat sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Perjanjian Pengguna atau Perjanjian Pendanaan dan memenuhi setiap keberlakuan hukum atau pembuktian yang sah.

10.12

Pengguna menjamin bahwa Pengguna tidak akan menggunakan LPBBTI untuk kegiatan transaksi yang dapat dikategorikan sebagai transaksi penipuan, kecurangan, pencucian uang dan/atau transaksi yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

10.13

Calon Penerima Dana dan/atau Penerima Dana menjamin untuk tidak menggunakan Pendanaan diluar tujuan yang telah disampaikan dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang spekulatif, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian saham.

10.14

Pengguna dengan ini menyatakan dan menyetujui bahwa setiap biaya yang timbul atas upaya hukum termasuk namun tidak terbatas pada somasi, gugatan, pelaporan ke pihak/instansi/pejabat yang berwenang, PKPU atau Kepailitan, dan segala bentuk upaya hukum lainnya yang dilakukan oleh Modalku dan/atau pihak ketiga lainnya yang ditunjuk oleh Modalku berdasarkan pemberian kuasa sebagaimana diatur dalam Pasal 9, akan ditanggung oleh Pengguna secara pro rata yang dipotong dari pembayaran kembali yang berhasil didapatkan dari hasil upaya hukum tersebut.

10.15

Modalku hanya dapat mengakses kamera, lokasi, dan mikrofon pada gawai milik Pengguna.

11. GANTI RUGI

Pengguna setuju untuk bertanggung jawab atas semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh Modalku sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran S&K atau perjanjian lainnya terkait yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau tindakan yang dilakukan oleh Modalku ketika terjadinya pelanggaran S&K oleh Pengguna atau perjanjian lainnya yang terkait.

12. AMANDEMEN

12.1

Modalku dapat dari waktu ke waktu merubah termasuk menambahkan maupun mengurangi isi dan bagian S&K ini dan menghentikan suatu bagian atau fitur yang terdapat dalam Platform Modalku dengan pemberitahuan kepada Pengguna paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum efektifnya perubahan tersebut. Keberlakuan Syarat dan Ketentuan baru hasil perubahan berlaku seketika dan efektif mengikat secara hukum bagi calon Penerima Dana dan Penerima Dana serta calon Pemberi Dana dan Pemberi Dana saat Modalku menampilkannya dalam Platform Modalku dari waktu ke waktu.

12.2

Untuk kejelasan dan demi menghindari keraguan, calon Penerima Dana, Penerima Dana, calon Pemberi Dana, Pemberi Dana dapat mengunduh dan menyimpan versi pdf (atau versi lain yang disediakan Modalku) dari S&K maupun S&K hasil perubahan (apabila ada) yang tersedia pada Platform Modalku dalam rangka mematuhi dan memahami setiap ketentuan di dalamnya. Calon Penerima Dana, Penerima Dana, calon Pemberi Dana, Pemberi Dana wajib segera menghubungi pihak perwakilan Modalku (customer service) dalam hal terdapat masalah, kegagalan, gangguan atau hambatan dalam mengunduh S&K saat ini atau hasil perubahannya agar Modalku dapat memberi bantuan atau tindak lanjut dalam mengatasi masalah yang terjadi dan memastikan keberhasilan pengunduhan tersebut. Karenanya calon Penerima Dana, Penerima Dana, calon Pemberi Dana, Pemberi Dana tidak memiliki alasan untuk bersikap lalai, tidak memperhatikan, khilaf, mengacuhkan atau melupakan isi S&K saat ini maupun hasil perubahan sebagai alasan maupun dalil untuk tidak mematuhi setiap ketentuan di dalamnya. calon Penerima Dana, Penerima Dana, calon Pemberi Dana, Pemberi Dana dianggap telah paham, tanpa paksaan, kekhilafan maupun penipuan setiap substansi atau isi S&K maupun S&K hasil perubahan (apabila ada) dengan telah diberikan oleh Modalku haknya untuk mengunduh dan menyimpan tersebut di atas dalam memahami dan mematuhi setiap ketentuan yang berlaku.

13. HUKUM YANG BERLAKU

13.1

Pengguna memahami dan setuju bahwa S&K ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum negara Republik Indonesia;

13.2

Pengguna setuju bahwa setiap sengketa, perselisihan, dan perbedaan sehubungan dengan S&K ini akan diselesaikan melalui yurisdiksi pengadilan atau arbitrase di Indonesia dengan tunduk pada hukum negara Republik Indonesia

14. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI

14.1

Dari waktu ke waktu, Modalku berhak mengumpulkan informasi dan Data Pribadi baik milik Pengguna maupun milik pihak terkait Pengguna yang disampaikan, diserahkan, maupun diungkapkan oleh Pengguna dan Pengguna dengan ini menyetujui (atau telah mendapatkan persetujuan dari Pihak Terkait) bahwa Modalku dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, membuka informasi, mengakses, mengkaji, dan/ atau menggunakan data/informasi Anda, termasuk Data Pribadi Pengguna, baik yang didapatkan melalui Pengguna ataupun melalui sumber lain yang sesuai dengan Hukum yang berlaku.

14.2

Modalku akan mengupayakan perlindungan atas informasi, data dan dokumen, termasuk Data Pribadi Pengguna yang diperoleh dan dibagikan kepada Modalku dalam rangka pemanfaatan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi.

14.3

Pengguna wajib untuk memperhatikan dengan teliti Kebijakan Privasi pada Platform Modalku yang berlaku mengikat setiap Pengguna secara hukum, sebelum dan saat melakukan aktivitas transaksi dalam Platform Modalku dan memanfaatkan layanan Modalku dari waktu ke waktu. Kebijakan Privasi tersebut wajib dipatuhi dengan prioritas yang sama dengan S&K ini.

14.4

Pengguna menyetujui bahwa Modalku dapat menghubungi Pengguna melalui kontak dan sarana komunikasi yang diberikan kepada Modalku dalam rangka tindak lanjut proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Dana atau Penerima Dana dan/atau untuk keperluan pelaksanaan kegiatan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi yang diselenggarakan oleh Modalku.

14.5

Modalku dapat sewaktu-waktu melakukan modifikasi data Penerima Dana dan/atau Pemberi Dana (“modifikasi“) yang terdapat dalam database Platform Modalku. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, pembaharuan informasi Penerima Dana dan/atau Pemberi Dana, Data Pribadi, dan mengunggah dokumen tambahan yang berkaitan dengan data Anda. Anda dapat mengajukan Modifikasi atas Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang terdapat Kebijakan Privasi.

14.6

Modalku melakukan pengelolaan Data Pribadi milik Pengguna mencakup perolehan, penggunaan, pemanfaatan, pengungkapan dan penghapusan Data Pribadi yang diatur secara lebih spesifik dalam Kebijakan Privasi.

15. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

15.1

Nama, logo, merek, desain terdaftar atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya dalam Platform Modalku yang dimiliki oleh Modalku tetap menjadi hak milik Modalku dan akses Pengguna ke Platform Modalku tidak dapat dianggap sebagai pemberian lisensi atau hak apapun untuk menggunakan hak kekayaan intelektual milik Modalku.

15.2

Pengguna dilarang menggunakan nama, logo, merek, desain terdaftar atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki Modalku tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Modalku.

16. LAYANAN PENGADUAN

16.1

Pengguna dapat mengajukan dan menyampaikan pertanyaan, keluhan dan/atau aduan sehubungan dengan layanan yang diberikan Modalku kepada tim layanan pengaduan konsumen Modalku melalui kontak dibawah ini.

16.2

Penyelenggara tidak mengenakan biaya apa pun kepada Pengguna atas pelayanan pengaduan;

17. KECAKAPAN HUKUM DAN PERSETUJUAN

17.1

Dengan ini Pengguna menyatakan bahwa dalam hal Pengguna bertindak sebagai perorangan maka Pengguna telah cakap hukum, sudah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan tidak dibawah pengampuan maupun prasyarat lain berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dari waktu ke waktu; dan Dalam hal Pengguna bertindak untuk mewakili badan usaha maka Pengguna merupakan perwakilan badan usaha yang sah dimaksud serta sesuai dengan kewenangan dalam anggaran dasar dan badan usaha dimaksud telah secara sah didirikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

17.2

Pengguna setuju bahwa setiap transaksi elektronik, termasuk instruksi elektronik dan persetujuan atas perjanjian yang dibuat secara elektronik maupun dengan menggunakan tanda tangan elektronik, adalah merupakan dokumen asli, tertulis, sah dan mengikat. Pengguna setuju tidak akan mempermasalahkan atau menyangkal keabsahan, keberlakuan, penerimaan transaksi elektronik, Pengguna memahami bahwa transaksi dan dokumen elektronik tersebut dapat dijadikan dan merupakan alat bukti hukum yang sah berdasarkan Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Indonesia

Pemberi Dana
layanan@modalku.co.id
+62 877 3751 1114

Penerima Dana
info@modalku.co.id
+62 877 7873 6144

Penagihan
collection-id@modalku.co.id

Unifam Tower, Jl. Panjang Raya
Blok A3 No.1, Kedoya Utara,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat,
DKI Jakarta, 11520, Indonesia

Singapore

info@fundingsocieties.com
General Enquiries:
+65 6221 0958

Sales Enquiries:
+65 6011 7534

112 Robinson Road
Level 8
Singapore 068902

Malaysia

info@fundingsocieties.com.my
Primary contact
+603 9212 0208

Secondary contact
+603 2202 1013

Unit 15.01 & Unit 15.02,
Level 15, Mercu 3,
KL Eco City, Jalan Bangsar,
59200 Kuala Lumpur

Thailand

SME Loan
info@fundingsocieties.co.th
+66 93 139 9721

Investment
invest@fundingsocieties.co.th
+66 62 197 8661

No. 29, Vanissa Building,
24th Floor, Room No. 2412 & 2414,
Soi Chidlom, Ploenchit Road,
Lumpini, Pathumwan,
Bangkok, 10330

Vietnam

info@fundingsocieties.vn
(+84) 28 7109 7896

The Sentry P
16 Nguyen Dang Giai Street,
Thao Dien Ward, Thu Duc City,
Ho Chi Minh City, Vietnam

Dreamplex
174 Thai Ha Street,
Trung Liet Ward, Dong Da District,
Hanoi, Vietnam

lockSSL Secure Site

Download Aplikasi Bagi Pemberi Dana

PERHATIAN:

  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

  2. Risiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ('Pemanfaatan Data') pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

  4. Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

  5. Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga kredit usaha dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.

  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana

  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata


PT Mitrausaha Indonesia Grup ("Modalku") telah berizin di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sebagai Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan Surat Tanda Berizin KEP-81/D.05/2019 pada tanggal 30 September 2019 sehingga pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

HATI-HATI, TRANSAKSI INI BERISIKO TINGGI. ANDA DAPAT SAJA MENGALAMI KERUGIAN ATAU KEHILANGAN UANG. JANGAN BERUTANG JIKA TIDAK MEMILIKI KEMAMPUAN MEMBAYAR. PERTIMBANGKAN SECARA BIJAK SEBELUM BERTRANSAKSI.